Atur Waktu Dengan Baik

Tidak bisa mengatur waktu adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada semua orang di dunia ini. Dari 24 jam dalam sehari yang dimiliki, banyak orang yang tidak bisa membagi waktunya dengan sebaik-baiknya. Ntah apa alasannya, tetapi mereka sering mengalami masalah karena tidak pintar membagi waktu mereka. misalnya, sedang hari minggu yaitu hari libur, mereka harusnya mengerjakan beberapa tugas yang memang harus dikerjakan karena harus dikumpulkan pada minggu depan. Tetapi kadang mereka menundanya hingga lupa karena sedang keasyikan merasa sedang libur. Alhasil mereka akan panik keesokan harinya karena belum mengerjakan tugas-tugas tersebut apalagi sudah deadlinenya mereka harus mengumpulkan. Itulah salah satu contoh mengapa seseorang sering mengalami masalah dalam mengatur waktu.

Padahal, dalam sehari dengan waktu 24 jam, banyak hal yang bisa dilakukan. Kegiatan yang dilakukan juga tidak melulu tentang tanggung jawab Anda, Anda juga bisa menyisihkan waktu untuk beristirahat sejenak untuk menyegarkan pikiran dan badan Anda yang telah lelah menghadapi semua tugas. Jawabannya cuman satu yaitu Anda harus bisa mengatur waktu dengan baik. Jika tidak bisa, maka segala kegiatan Anda bisa amburadul.

Tips Mengatur Waktu

Dengan tidak bisa mengatur waktu, Anda tidak bisa membagi waktu untuk pekerjaan dan waktu untuk istirahat karena kegiatan akan menjadi amburadul. Anda harus bisa fokus dengan apa yang hendak Anda tuju di kemudian hari. Dengan fokus akan hal tersebut, dijamin Anda akan lebih mudah mencapai semua impian Anda dan bisa mendapatkan istirahat yang sesuai juga karena waktu yang ada tidak terbuang sia-sia. Adapun di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mulai mengatur diri dengan mengatur waktu.

  • Buat List Kegiatan

Kenapa Anda membutuhkan list kegiatan? list ini berguna sebagai reminder untuk diri Anda sendiri akan apa yang hendak Anda lakukan hari itu. Anda bisa menuliskannya setiap malam sebelum tidur, dengan menuliskan kegiatan apa saja yang harus Anda lakukan esok hari. Jadi, segala kegiatan bisa terpenuhi.

  • Prioritaskan yang penting

Ketika Anda membuat sebuah list kegiatan, jangan lupa untuk menuliskan dari yang paling penting terlebih dahulu. jadi kegiatan yang harus dilakukan sudah Anda lakukan pertama dan Anda tidak perlu khawatir belum mengerjakannya atau pun lupa. Intinya Anda harus memahami kegiatan mana yang saat itu harus Anda lakukan pertama kali.

  • Jangan Menunda

Jika sudah ada list kegiatan yang Anda bikin, jangan sampai Anda menunda kegiatan-kegiatan tersebut dengan bermalas-malasan atau menggantinya dengan kegiatan lain. Hal ini bisa membuat kegiatan Anda menjadi berantakkan.

  • Belajar Bilang “Tidak”

Anda harus mulai bisa mengatakan tidak untuk hal-hal yang tidak penting. Misalkan, Anda harus mengerjakan tugas kuliah hari ini tetapi Anda ingin menonton drama Korea juga. Nah saat itu, Anda harus mulai untuk bilang tidak pada diri Anda agar Anda tidak jadi menonton drama Korea. Anda boleh menontonnya jika semua kegiatan sudah Anda penuhi saat itu.