Bisnis Tanpa Modal? Yakin Ada?

Banyak para karyawan yang suka mencari uang tambahan untuk kebutuhannya sehari-hari. Selain karyawan, para mahasiswa dan anak sekolah juga sudah mulai banyak yang mencari pekerjaan sampingan untuk nambah-nambah uang jajan demi mengurangi beban dari orang tuanya. Namun rata-rata dari mereka tidak jadi mencari uang tambahan dikarenakan tidak memiliki waktu luang untuk datang di tempat kerja keduanya. Padahal ada cara lain untuk mendapatkan uang tambahan yaitu dengan berbisnis. Tetapi tetap saja, mereka tidak berani berbisnis dengan alasan tidak memiliki uang atau modal untuk berbisnis.

Memang berbisnis membutuhkan modal. Modal pun ada yang dibutuhkan banyak ada yang tidak. Tapi tenang saja, karena saat ini sudah banyak bisnis yang bisa dipilih tanpa membutuhkan modal. Meskipun sebenarnya tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan modal, tetapi beberapa bisnis memang ada yang modalnya benar-benar sedikit bahkan kurang dari 100ribu makannya sering juga disebut sebagai sebuah bisnis tanpa modal.

Macam Bisnis Tanpa Modal

Seperti yang sudah dibahas di atas jika bisnis sejatinya membutuhkan modal namun memang ada beberapa bisnis yang tidak membutuhkan modal diatas 100 ribu rupiah. Inilah yang menyebabkan bisnis tersebut terlihat seperti bisnis tanpa modal. Modal tersebut keluar ketika kita sudah menjalankan bisnis, tidak seperti bisnis lain yang mengeluarkan biaya ketika hendak memulainya. Ketika baru saja memulai bisnis, biasanya memang Anda tidak perlu mengeluarkan duit sama sekali. Pasti Anda baru saja mendengar hal ini bukan? Nah, berikut ini beberapa bisnis yang bisa Anda jalankan tanpa mengeluarkan duit sepeser-pun ketika akan memulai bisnis.

  • Menjadi Dropshipper / Reseller

Bisnis yang satu ini adalah salah satu bisnis yang saat ini sudah banyak dilakukan orang. Bisnis satu ini benar-benar tidak membutuhkan modal untuk mengeluarkan biaya ketika akan memulai bisnis. Untuk memulai bisnis satu ini, Anda hanya perlu menyediakan handphone dan kuota. Anda cukup memilih barang apa yang hendak Anda jual. Lebih baik jual barang yang memang akan selalu menjadi trend di kalangan masyarakat. Nah modal yang keluar hanyalah untuk membeli sebuah kuota. Apa Anda yakin membeli kuota juga dihitung sebagai sebuah modal?

  • Menjadi Agen / Broker

Selain menjadi reseller atau dropshipper, Anda bisa menjadi seorang agen atau broker. Broker atau agen adalah sebuah sebutan untuk orang yang menjadi perantara ketika menjual properti seperti tanah, rumah, mobil dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan sekitar 2-5% bahkan bisa jadi lebih. Apalagi, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari pembeli yang sering kali memberikan tips. Anda tinggal mendaftarkan diri Anda ke sebuah kantor agen properti sesuai dengan syarat yang berlaku. Lalu Anda tinggal aktif dalam sosial media.