Ingin Investasi Saham? Perhatikan Hal Berikut

Investasi adalah hal yang memiliki peranan penting dalam keadaan finansial seseorang, terutama untuk masa depan. Daripada Anda menghabiskan seluruh penghasilan yang Anda miliki, investasi menjadi cara yang tepat agar nilai uang Anda semakin meningkat. Salah satu jenis investasi yang banyak peminatnya adalah investasi saham. Pasar saham Indonesia dikenal sebagai salah satu pasar saham teraktif di dunia.

Pahami Dan Ketahui Tentang Saham Terlebih Dahulu

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan atau badan usaha. Saham disebut sebagai surat berharga karena merepresentasikan kepemilikan Anda di perusahaan yang sahamnya Anda beli. Anda perlu mencari tahu lebih banyak soal saham melalui berbagai buku, majalah, ataupun media internet. Dengan mencari tahu sebanyak-banyaknya maka Anda akan lebih mengetahui keuntungan serta risiko yang mungkin terjadi.

Informasi Tentang Keuntungan Saham

Setiap jenis investasi pasti menawarkan keuntungan. investasi saham memberikan Anda keuntungan yaitu capital gain dan pembagian dividen. Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual saham. Capital gain tersebut dapat diperoleh dari trading maupun investasi jangka panjang. Sedangkan dividen adalah keuntungan dibagikan oleh perusahaan kepada investor saham. Pembagian dividen ini berdasarkan besar kecilnya saham yang di investasikan. Dividen ini dibagikan dalam bentuk laba bersih. Meskipun dividen ini adalah pembagian keuntungan perusahaan, namun tidak semua perusahaan membagikan dividen. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu tentang hal ini terlebih dahulu.

Tentukan Tujuan Investasi

Setiap apa yang Anda lakukan harus memiliki tujuan. Begitu pula dengan investasi. Apa pun jenis investasinya, Anda perlu menentukan tujuan sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Dengan memiliki tujuan maka Anda akan dapat menentukan langkah selanjutnya.

Tetapkan Target

Anda harus menentukan target ketika ingin berinvestasi saham. Yang dimaksud dengan target di sini adalah keuntungan yang ingin Anda raih ketika return. Dengan menyusun pencapaian target maka investasi yang Anda jalankan akan semakin terarah. Selain itu Anda juga perlu menentukan berapa lama Anda akan melakukan investasi. Apakah jangka panjang atau jangka pendek. Jika Anda memilih investasi jangka panjang makan keuntungan yang Anda dapatkan bisa lebih banyak.

Pertimbangan Kemampuan Untuk Menyediakan Modal

Dalam investasi semakin tinggi keuntungan maka semakin tinggi risiko yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, Anda harus mengukur kemampuan sebelum menentukan berapa besar dana yang akan Anda investasikan. Sebagai pemula, sebaiknya Anda memilih investasi dengan modal yang kecil. Anda tidak perlu tergesa-gesa atau tergiur dengan keuntungan yang besar. Lebih baik Anda memulai investasi sedikit demi sedikit.

Ketika Anda sudah menentukan ke mana Anda akan menginvestasikan dana Anda dalam bentuk saham, maka siapkanlah modal untuk investasi tersebut. Anda dapat berinvestasi mulai dari Rp 100.000, namun ada juga sekuritas yang menentukan modal awal sekitar Rp 5 juta – Rp 10 juta. Persiapkanlah modal serta pengetahuan yang update sebanyak-banyaknya sebelum Anda mulai berinvestasi saham.