Cara Menurunkan Panas Demam Anak

Masa anak-anak merupakan masa emas yang sangat berharga. Maka dari itu ketika penyakit datang menyerang anak maka ibu harus selalu siap sedia menanganinya. Biasanya penyakit yang menyerang anak-anak adalah demam dan panas yang tinggi. Namun Ibu tidak perlu khawatir karena ini adalah sesuatu yang wajar terjadi pada anak. Ketika aktivitas anak terlalu padat dan berat maka daya tahan tubuh anak akan menurun sehingga penyakit yang menyerang.

Langkah Untuk Mengatasi Demam Pada Anak

Untuk ibu ada beberapa tips untuk menangani panas demam yang terjadi pada anak. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah untuk tetap tenang dan tidak panik. Karena jika pikiran sudah panik maka semua tidak akan bisa berjalan dengan mulus. Anda akan bingung untuk melakukan sesuatu. Selanjutnya mintalah anak Anda untuk istirahat total dan tidak beraktivitas apa pun. Karena dengan beristirahat maka seluruh organ tubuh akan beristirahat pula, sehingga bisa mengembalikan stamina tubuh.

Ketika anak mengalami panas dan demam maka usahakan untuk memakaikan baju hangat dan menyelimuti anak, karena biasanya tubuh akan merasa dingin dan menggigil. Langkah selanjutnya adalah memberikan obat penurun panas. Berikanlah obat ini sesuai dengan petunjuk penggunaan. Apabila panas tidak kunjung turun maka lakukan pengompresan pada anak. Kompres lah dengan menggunakan air dingin sehingga suhu panas tubuh akan terserap.

Biasanya ketika anak sakit maka anak akan susah untuk makan, karena nafsu makan anak pasti akan berkurang. Namun Meskipun demikian ibu harus tetap berusaha memberikan asupan nutrisi yang baik untuk anak. Karena bagaimanapun makanan ini sangatlah diperlukan untuk tubuh demi menjaga kesehatan. Pola makan anak harus tetap dijaga Yakni dengan makan teratur tiga kali sehari serta menjaga kebutuhan gizi bagi anak.

Apabila demam ini semakin parah dan panas tubuh tidak kunjung menurun, maka segeralah bawa anak ke dokter. Karena jika dibiarkan terus-menerus maka bisa menyebabkan dampak yang lebih berbahaya. Dokter akan mendiagnosis penyakit yang diderita anak serta memberikan resep yang sesuai. Jika anak sembuh maka anak bisa kembali beraktivitas seperti biasanya. Perlu diketahui bahwasanya demam ini adalah hal biasa yang sering terjadi pada sebagian besar anak.