Ingin Berinvestasi, Yuk Beli Reksa Dana

Reksa dana masih sedikit asing ditelinga masyarakat awam. Meskipun begitu keuntungan yang dapat diperoleh dari investasi ini cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya investor yang menginvestasikan dananya melalui Reksa Dana. Dari pengalaman-pengalaman yang mereka dapatkan dari investasi Reksa Dana tentunya kita dapat mempelajari tentang manfaat investasi di bidang ini.

Investasi Reksa Dana

Reksa Dana merupakan salah satu cara investasi bagi masyarakat yang memiliki modal terbatas untuk diinvestasikan melalui Manajer Investasi (MI). Dana yang dihimpun oleh MI ini akan dibagi dalam berbagai jenis investasi yaitu saham, obligasi, maupun deposito. Dan tidak hanya itu, dana dalam bentuk saham, obligasi, dan deposito tersebut tidak hanya diinvestasikan kepada satu perusahaan saja, melainkan ke beberapa perusahaan. Dengan investasi ini, maka Anda akan memiliki beberapa saham di perusahaan-perusahaan besar meskipun nominalnya relatif kecil.

Dikelola Oleh Manajemen Yang Profesional

Manajemen Investasi merupakan manajemen yang profesional serta memiliki keahlian khusus dalam mengelola dana. Manajer Investasi memiliki peranan yang sangat penting untuk menganalisis harga efek dan akses informasi ke pasar modal. Aktivitas ini yang tidak dapat dilakukan oleh para investor yang memiliki keterbatasan waktu serta tidak dapat melakukan riset secara langsung ke perusahaan yang bersangkutan.

Informasi Yang Transparan

Anda tidak perlu khawatir akan adanya penipuan dari investasi ini. Sebab investasi ini memberikan perkembangan portofolio perusahaan serta biaya secara berkelanjutan. Hal ini bertujuan agar para investor dapat memantau keuntungan, biaya, keuntungan, serta risikonya setiap saat. Manajer Investasi juga wajib melaporkan aktiva bersih melalui surat kabar setiap hari.

Likuiditas Tinggi

Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk membayarkan kewajiban jangka pendeknya. Dengan likuiditas yang tinggi, maka investor dapat mencairkan kembali unit penyertaannya setiap saat sesuai dengan ketetapanĀ  masing-masing Reksa Dana.

Keamanan Terjamin

Risiko investasi di Reksa Dana tergolong rendah. Maka hal ini jelas memberikan Anda keamanan serta kenyamanan dalam berinvestasi baik yang dilakukan secara individu ataupun langsung ke bursa efek. Dana yang Anda investasikan juga tidak dipegang oleh Manajer Investasi melainkan dititipkan pada rekening bank khusus yang biasa disebut Bank Kustodian.

Apabila Anda ingin melakukan investasi Reksa Dana maka disarankan untuk menunggu hingga 3 tahun, agar Anda dapat memperoleh return yang lebih baik. Namun jika Anda menginginkan return yang lebih cepat maka Anda dapat memilih alternatif investasi seperti investasi deposito atau reksa dana pendapatan tetap. Sebagian besar bank merupakan agen Reksa Dana, oleh karena itu Anda perlu mengetahui latar belakang perusahaan yang bersangkutan sebelum memutuskan untuk membeli sahamnya. Semoga Anda menemukan investasi yang tepat dari berbagai jenis investasi Reksa Dana yang dapat membantu masa depan Anda!