Memahami Bunuh Diri

Cukup banyak orang terkenal yang meninggal bunuh diri akhir-akhir ini. Tentunya dengan berita tersebut kita jadi semakin sadar akan kesehatan mental kita. Orang yang bunuh diri mungkin tidak meminta bantuan, namun bukan berarti mereka tidak ingin bantuan. Orang yang ingin bunuh diri sebenarnya tidak ingin mati, mereka hanya ingin rasa sakit yang mereka rasakan berhenti.

Mitos tentang Bunuh Diri

Pencegahan bunuh diri bisa dimulai dengan mengenali tanda-tanda peringatan dan menanggapinya dengan serius. Jika Anda berpikir seorang teman atau anggota keluarga sedang mempertimbangkan untuk bunuh diri, Anda mungkin takut untuk berbicara kepada mereka atau meminta bantuan. Namun sebenarnya berbicara secara terbuka tentang apa yang mereka pikirkan dan rasakan bisa mencegah mereka untuk bunuh diri.

Ada mitos yang mengatakan bahwa orang yang berbicara tentang bunuh diri atau kematian tidak akan pernah benar-benar melakukannya. Namun faktanya adalah bahwa hampir semua orang yang mencoba bunuh diri telah memberikan beberapa petunjuk atau peringatan kepada orang-orang di sekitarnya. Jangan mengabaikan petunjuk yang mereka berikan tentang kematian atau bunuh diri.

Pernyataan seperti, “Anda akan menyesal ketika saya pergi”, “Saya tidak mempunyai jalan keluar”, bahkan pernyataan seperti “Saya ingin bunuh diri” saja sudah merupakan suatu peringatan.  Mungkin mereka mengatakannya dengan santai atau sambil bercanda. Namun bisa jadi pernyataan tersebut menunjukkan perasaan ingin bunuh diri yang serius.

Mitos selanjutnya adalah siapa pun yang mencoba membunuh diri pasti orang gila. Faktanya adalah kebanyakan orang yang bunuh diri tidak gila. Mereka hanya marah, sedih, stres, berduka, tertekan atau putus asa yang sudah parah. Mereka merasakan rasa tersebut dengan sangat sakit sehingga tidak menemukan solusi apa pun selain bunuh diri.

Karena itulah jika ada orang di sekitar Anda yang merasakan perasaan tersebut, maka harus Anda bantu. Mungkin Anda tidak bisa membantu menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Namun paling tidak Anda bisa menjadi tempat curhat. Dengarkan semau keluh kesahnya dan pastikan bahwa Anda akan ada disisinya selalu saat terjadi sesuatu yang buruk. Karena tiap nyawa itu sangat berharga, Pastikan Anda bisa menjaga orang yang Anda sayang.